Sabtu, 18 Juni 2011

Ahmadiyah dan Kebangkitan Isa bin Maryam

Akhir-akhir ini mencuat kembali masalah turunnya Isa akhir zaman atau kebangkitan Isa bin Maryam yang tercantum dalam hadits-hadits nabi terutama tentang kualitas hadits-hadits tersebut. Bahkan ada yang mempertanyakan siapa yang dimaksud dengan isa bin maryam tersebut dan kaitannya dengan Imam Mahdi akhir zaman serta kedudukannya sebagai nabi yang tidak membawa syariat sebagaimana Isa bin Maryam yang juga tidak membawa syariat baru. Berikut ini disampaikan beberapa pokok permasalahan tersebut:
1. Beberapa hadits tentang kebangkitan Isa bin Maryam antara lain:
    a. Shahih al-Bukhori kitab alhadisil anbiya bab nuzulu Isabnu maryam Hadits no. 3448
        artinya: "....Rasulullah saw. bersabda dan demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh Isa ibnu         Maryam hampir turun dikalangan kamu sebagai hakim yang adil, akan memecahkan salib dan membunuh babi     serta meniadakan pungutan dan membagi harta sampai tidak ada seorang pun yang menerimanya, sehingga sekali sujud lebih baik dari dunia dan seisinya."
    b. Shahih Muslim Kitabul Iman bab nuzulul Isabnu Maryam Hadis no.244
        artinya: "....Rasulullah saw. bersabda: bagaimana keadaan kalian sedangkan dia adalah Imam kalian diantara kalian."
    c. Shahih Muslim Kitabul Fitan bab Dzikruddajjal Hadis no.2937
        artinya: "... dari Nawas bin Sim'an, ia berkata: Rasulullah saw bercerita tentang dajjal... lalu Nabi Isa beserta sahabatnya terkepung....lalu Nabi Isa memanjatkan doa kepada Allah swt.. kemudian turunlah Nabi Isa beserta sahabat-sahabatnya... lalu Nabi Isa dan sahabatnya memanjatkan doa kepada Allah...."
    d. Sunan Ibnu Majah Kitabul Fitan bab sidatuz zaman Hadis no.4039
        artinya: "... Rasulullah saw bersabda: tidaklah bertambah urusan melainkan semakin sulit, dunia semakin rusak, manusia semakin bakhil, dan tidaklah datang kiamat melainkan kepada manusia yang (sifatnya) paling jelek dan tidak ada Al Mahdi kecuali Isa Ibnu Maryam."

Hadits-hadits tersebut disamping termaktub dalam kitab-kitab dimaksud (a-d) juga terutlis dalam buku dengan judul Turunnya Isa bin Maryam Pada Akhir Zaman (terjemahan) oleh Imam Suyuti. kecuali hadis (d).
Imam Suyuti termasuk Mujadid abad ke IX-X Hijriyah, juga sebagai seorang yang sering berjumpa dengan Rasulullah saw dalam keadaan terjaga maupun kasyaf dimana beliau menanyakan tentang hadis-hadis yang didhoifkan maupun yang dishahihkan oleh para kritisi hadis sebbelumnya.

2. Dalam Mu'tamar NU yang ke-3 di Surabaya tahun 1928 yang terhimpun dalam buku Ahkamul Fuqaha (kumpulan masalah-masalah Diniyah dalam Mu'tamar NU ke-1-15, terbitan CV Toha Putra, Semarang, tth. Pada hal.34-35 dalam Pertanyaan no.46, terdapat pertanyaan "Bagaimana pandapat Mu'tamar tentang Nabi Isa as. setelah turun kembali ke dunia, apakah tetap sebagai Nabi dan Rasul padahal Nabi Muhammad saw adalah nabi terakhir, dan apakah Mazhab empat akan tetap ada pada waktu itu?
Jawab:
Kita wajib berkeyakinan bahwa Nabi Isa itu akan diturunkan kembali pada akhir zaman nanti sebagai Nabi dan Rasul yang melaksanakan syariat Nabi Muhammad saw, dan hal itu tidak berarti menghalangi Nabi Muhammad saw sebagai nabi terakhir, sebab Nabi Isa hanya akan melaksanakan syariat nabi Muhammad saw, sedangkan Madzhab Empat pada waktu itu hapus (tidak berlaku).

3. Kemudian sebagaimana tertera dalam hadits Ibnu Majah Kitabul Fitan bab Siddatuz zaman Hadis no.4039 jelas bahwa Nabi Isa dan Almahdi akhir zaman adalah sesuai dengan yang dijelakan oleh Rasulullah saw dalam menafsirkan QS. Al-Jumu'ah ayat 3 "wa akhorina minhum" dan hadits Nabi dalam Shahih Bukhori Kitabuttafsir bab Qouluhu wa aakhorina minhum lamma yalhquu bihim  hadis no.4897. mengenai siapa yang dimaksud dengan Ar Rijal, lihat tafsir QS. Yasin ayat 20.

Kesimpulan:
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa:
1. Ahmadiyah meyakini  hadits-hadits tentang kebangkitan Isa bin Maryam yang identik dengan Al Mahdi akhir zaman.
2. Isa dan Al Mahdi di akhir zaman adalah seorang saja dengan tugas ganda.
3. Ahmadiyah meyakini bahwa Isa Almasih akhir zaman adalah dari umat Nabi Muhammad saw sesuai dengan hadis Rasulullah saw. (bukan Isa yang dulu yang khusus diturunkan untuk umat Israili). dan beliau akan menegakkan syariat Rasulullah saw serta mendapat wahyu Allah ta'ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar

Ahmadiyah